Masuk Koran ? Gak Takut Ahh!!

Tembus Koran Yuk!

Hai guys, ketemu lagi nih, udah lama yaa gue gak nge-post semoga postingan kali ini bisa berguna ya buat kita semua. Paling gak nambah minat kitalah untuk menulis. Yap, karena hari ini, dan menit ini gue bakal ngasihtausedikit tips dari kakak tingkat gue biar kita bisa tembus koran. Eitss, jangan netting dulu tembus nya itu maksudnya bisa masukin tulisan kita kesana ya jangan mikir yang gak-gak deh. Hehe

Oke, gak usah banyak cincong kali yaa.

Kalian tau kan Surabaya? Kalau kalian pernah merasakan tinggal di Surabaya, pasti nanti kalian akan merasakan pernah membaca harian SURYA. Atau kalian tau Jawa Pos juga kan? Nah dua koran itu udah pernah ditembus sama kakak tingkat ku dari ETOS Surabaya (ESA). Masalah nulis dia udah gak diragukan lagi kawan, mukanya udah sering banget majang di koran sekitar Surabaya dan Jawa tersebut. Alhasil, gue yang punya hobi yang hampir nyerempet sama itu, terceburlah bersama dengan keasikan dunia tulis-menulis *gayabanget*.

Mas Farendy ini sudah nge-luarin buku pertamanya yang berjudul “Yuk Belajar Sabar + Syukur!.” Pria berdarah Palembang ini memang memulai gerak langkahnya dari semester 1  katanya dan kalau ditanya berapa jumlah tulisannya yang tembus koran, gue bakal jawab …. “ gak terhitung kali, lumayan banyak deeh, mulai dari SURYA, Jawa Pos, dan SINDO” nah tuhh banyak kan. Tapi ada satu yang masih pengin dia kejar kawan. Tahu kan kalian? Dia mau tulisannya tembus ke koran yang paling banyak digemari dan paling bernilai buat dia katanya. Apakah koran itu? Sudah passti pada tau kan, KOMPAS.

Tapi jangan anggep untuk tembus koran tuh segampang membalik telapak tangan ya! Gak segampang itu kawan, apalagi kalau kita belum terbiasa menulis dan satu lagi bray menulis buku dan menulis artikel atau apapun di Koran itu beda 180 derajat kalau menurut gue. Tahu kenapa? Karena menulis di koran itu lo harus sesingkat mungkin tapi harus sejelas mungkin serta orang tuh, pas lagi jalan di deket tempat penjualan koran, dia bakal berhenti bentar untuk baca tuh koran yang di dalamnya ada tulisan lo. Tapi kalau menulis buku itu, selain kita harus bisa sedikit melihat pangsa pasar juga, kita juga harus bisa mendeskripsikan sesuatu itu secara jelas lugas dan meskipun itu panjang ya gapapa. Nangkep kan dimana bedanya?

Itu pertama yang harus kalian mengerti dulu kawan. Satu lagi yaa, untuk kalian dimanapun kalian berada jangan pernah ragu untuk mencoba menulis kawan, karena ada kata-kata mutiara ya yang mengatakan “sepenting apapun lo dalam kehidupan orang banyak, kalo lo gak menulis atau gak tertulis, lo bakal hilang ditelan waktu”. Dapet kan maksudnya? Haha.

Jadi tunggu apalagi kawan, ayo segera nulis! Gak usah dari yang ribet-ribet mulai dari yang kecil dan gak makan banyak waktu yaitu diary. Banyak orang terutama cowok yang katanya nulis diary itu malu kek cewe lah katanya, atau kek apalah kalau nulis diary itu. Bukan sisi itu nya yang mau kita ambil kawan, biarin ajalah orang mau bilang apa, yang harus ada di pikiran kalian seharusnya, ejekan itu harus dijadikan “pembalasan dendam” yang pasif. Ii gue italic biar kita semua ngerti, kalau diejek itu ya so what? Lo mau apa? Itu mulut orang kan? Ya biarin aja terserah dia, kalau lo mau milih jadi orang baik ya gak usah bales ejek atau terpancing tapi lo bales dengan karya lo. Gitu kawan, sekarang emang lo dihina dan diejek kek banci lah, kek cewe lah ngisi-ngisi diary gitu, tapi dari kebiasaan yang kecil gitu, temen gue www.pertiwiyuliana.com dia juga dulu melakukan hal yang sma yaitu nulis diary nya hal itu dilakukannya saat dia masih duduk di bangku kelas 2 SD, mengagmkan bukan? Ya tunggu apalgi deh, kalau mau muka kita mampang di koran, gak usah tunggu banyak waktu lagi, lakukan kebiasaan baik setiap saat, kebiasaan baiknya psatinya ya sesuai dengan tujuan kita ya, mulai menulis sesuka ktia di laptop atau di diary, juga satu hal yang gak boleh ketinggalan BACA-lah BUKU! Karena samapai sekarang yang harus kalian tahu itu, gak akan ada penulis yang gak berasal dari pembaca buku! Kalian boleh bilang itu basi. Tapi kalian akan ngerasain pada saat ingin menggoreskan tinta kalian di sebuah kertas atau menarikan tangan kalian di atas keyboard.

Hehe itu sedikit tips dari gue bray, harapannya sih kalian gak hanya puas di sini aja, dan dari hal diatas gue alhamdulillah kok bisa tembus koran SURYA, padahal baru sekali ngirim loh dan pastinya usaha itu gak akan sia-sia kok, stay tune on my blog, cause i will share my experience guys hehe, semoga bermanfaat 😀 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s