Masih PERLU gak sih dibangun?! (JSS)

sambungan JSS…

sedikit iklan nih (Kajian Strategis HIMATEKPAL-FTK-ITS) Mengadakan forum kajian dengan Teman Jembatan Selat Sunda, kajian ini gak main-main, sempat mengundan teman-teman Teknik Sipil ITS, dan juga mengundang pakar Kelauatan Pak Daniel M Rosyid. beliau mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat JSS:

1. jika ingin tetap membuat Jembatan ini terealisasi, maka jembatan ini harus fleksibel untuk menahan gempa

2. namun harus lebih rigid (keras) dalam menahan goncangan angin yang cukup besar, dikarenakan memang selat sunda anginnya cukup besar.

3. kalau mau membangun JSS, DILARANG keras menggunakan APBN! kalau Pulau Jawa terus dibangun, jelas akan menimbulkan kecemburuan sosial, kedepannya akan dibangun Jembatan Sumatera Papua bahkan banyak lagi, karena mereka menuntut kesamaan hak!

4. jika ingin tetap membangun, boleh saja jika pihak swasta yang membiayai, namun ingat jika pihak swasta yang membiayai, kita perlu waspada “ada udang dibalik bakwan”!!

5. apakah kita mengetahui keadaan dasar lautnya, untuk dipasangkan beton-beton penyangganya. toh, sudah ada air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, ngapai repot-repot memasang pemancang sampai ke dasar laut, kalau nanti terjadi pergeseran lempeng?
“lebih baik menghadapi gelombang, daripada mengikuti keadaan dasar laut yang tidak pasti” begitu kata beliau

 

*lalu, ada yang tiba-tiba ngomong*
“kalau ada JSS kan cuma 30 menit!” 

ya benar sih, tapi kalau JSS ada dan sudah dipertimbangkan dengan matang-matang, kalau ada angin besar melebihi kapasitas yang ditentukan untuk dilewati kendaraan di jembatannya, pastinya akan ditutup pula kan jembatannya.

masih banyak lagi kawan, pemikiran yang belum bisa saya sampaikan disini. yang jelas pembangunan JSS ini adalah salah satu pembod*han saja nampaknya akan kendaraan yang terlalu “daratsentris”.

karena memang,  kalau kita  buka lebih dalam. Pembangunan JSS ini sangat tidak diperlukan menurut saya. lebih baik kita bangun sarana transportasi laut yang lebih memadai yang jelas-jelas bisa dipakai oleh banyak orang dan banyak pulau.

ini apa yang saya dapat kawan dari hasil kajian strategis bersama Pak Daniel.

semoga bermanfaat ya 🙂 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s